GUA MARIA PERENG

0
2509

 

gua maria pereng gua maria pereng1

GUA MARIA PERENG didalam bhs jawa, ”pereng” bermakna tanah miring. tanah tersebut umumnya terjal. arti khas jawa tersebut yang digunakan untuk menamai taman doa gua maria yang terdapat di sebelah utara lereng gunung merbabu.

lokasi itu ada di dusun jampelan, desa getasan, kecamatan getasan, kabupaten semarang, jawa sedang. didalam status yurisdiksi parokial, lokasi area ziarah ini masuk lokasi stasi st yusuf getasan, yang ada dibawah reksa pastoral paroki st paulus miki salatiga. jaraknya lebih kurang 10 km. dari kota salatiga.

perjalanan kesana bisa ditempuh dengan menyusuri jalanan menanjak ke arah tempat wisata umbul sanga, kopeng. situasi asri pedesaan mewarnai area ziarah baru di keuskupan agung semarang ( kas ) ini. disamping itu, letaknya berdekatan dengan gereja st yusuf getasan.

Tanah hibah
semula taman doa gua maria ini tidak dapat terlepas dari inisiatif serta kemurahan hati seorang umat di yogyakarta, dr soeryono mm. pada 20 februari 2009, soeryono menghibahkan tanah seluas 4. 637 mtr. persegi pada gereja katolik. ia bercita-cita tanah itu dapat digunakan untuk pengembangan iman umat di lokasi itu. pikirnya, area itu amat pas untuk doa serta meditasi.

gayung lalu bersambut. yang dimimpikan soeryono ditanggapi umat setempat dengan antusias. umat gotong-royong menggarap tempat hibah tersebut. mereka jadi terpanggil untuk mengelola tempat itu untuk keperluan perubahan iman.

gerakan ini membuahkan hasil. mereka menghimpun dana, serta pelan-pelan beli tanah di sekelilingnya hingga luasnya jadi tambah, jadi 7. 411 mtr. persegi. apalagi, umat di lebih kurang lokasi tergerak menghibahkan beberapa tanah mereka untuk buka akses jalur masuk dari gereja st yusuf.

akses jalur selama 150 mtr. dengan lebar 2, 5 mtr., didapatkan dari hibahan tanah punya f. a. jumadi, sustriayu nalim, serta y. sulimin. dengan sukarela mereka berikan beberapa tanahnya untuk terbukanya akses dari gereja ke taman doa ini.

Tidak Habis
di lokasi area doa ini ada belik, yang bermakna sumber mata air. dulu, belik itu digunakan warga lebih kurang untuk mencukupi keperluan air tempat tinggal tangga, dikarenakan airnya jernih serta tidak dulu asat atau habis. kesadaran ada belik ini jadi tonggak momen iman yang dirasakan umat.

refleksi umat lalu berkembang. makin lama, mencuatlah inspirasi diantara umat lokasi st yusuf getasan untuk jadikan area itu sebagai fasilitas berdoa pada bunda maria. bunda allah inilah perantara rahmat terbesar didalam histori keselamatan umat manusia. fenomena belik yang tidak dulu asat ini melukiskan yesus sang air hidup yang tidak dulu kering, yang senantiasa ditimba manusia melewati perantaraan bunda-nya.

maka, tepatlah harapan umat untuk jadikan area itu sebagai area doa pada bunda maria, perantara doa umat pada putera-nya. harapan umat memperoleh tanggapan yang menggembirakan. dengan penuh motivasi, umat bergotong royong lakukan pembenahan terus-menerus.

kepala paroki st paulus miki salatiga pastor yeremias balapito duan msf lalu menyongsong positif. ia mulai memakai area itu untuk misa serta novena. rutinitas ini makin lama membangun kesadaran umat dapat pentingnya area yang dengan fisik terus mereka benahi itu.

jalur terbuka
kesadaran untuk mengembangkan area doa bikin umat berdialog dengan pastor yeremias serta dewan paroki st paulus miki salatiga. mereka mengerti keterbatasan kekuatan panitia kecil yang telah terbentuk, bila mesti membangun area doa itu jadi area ziarah goa maria.

didalam dialog wawanhati, panitia kecil menghendaki agar dewan paroki lebih serius mencermati pengembangan area doa yang punya potensi jadi area ziarah untuk umat katolik ini. selanjutnya, keterbukaan panitia kecil itu memperoleh jawaban. pada 16 juli 2011, kepala paroki resmikan pembentukan panitia pembangunan goa maria. segera panitia ambil langkah pertama. mereka menghimpun dana diantara bagian panitia dengan sukarela. dana terkumpul sebesar rp 6. 750. 000. tersebut modal awal pembangunan.

pada 25 agustus 2011, panitia pembangunan mengambil keputusan nama area itu taman doa goa maria pereng. lantas, pada 30 oktober 2011, dikerjakan peletakan batu pertama, bertepatan dengan bln. rosario.

tanggal itu lalu disepakati sebagai hari lahirnya taman doa goa maria pereng. tak hanya peletakan batu pertama, dilangsungkan juga rangkaian acara jalur sehat, pertunjukan barongsay, serta pergelaran wayang kulit. acara yang diperkirakan dapat di hadiri lebih kurang 1. 500 orang, membludak jadi 2. 500 orang. umat yang ada bukan sekedar datang dari paroki setempat, namun juga dari luar kota, seperti jakarta, bandung, semarang, surabaya, serta yogyakarta.

walau jalur untuk pembangunan merasa terbuka lebar, hambatan datang silih bertukar. waktu peletakan batu pertama, sudah disepakati oleh umat yang ada bahwa pembangunan awal dapat meliputi goa, altar, pelataran doa, 14 stasi jalur salib, prasarana jalur di lokasi, serta mck. tetapi, kendala biaya serta cuaca bikin gagasan itu meleset.

lagi-lagi momen iman di luar dugaan berlangsung. meskipun biaya menggelembung, pembangunan terus dapat jalan. donasi didalam wujud bahan material serta dana terus mengalir. apalagi sepanjang sistem pembangunan, prof dr dr ign. riwanto tospb yang berdomisili di semarang menghibahkan tanah seluas 1. 125 mtr. persegi. momen ini dirasakan sebagai pengalaman campur tangan roh kudus.

perayaan syukur
waktu berselang, umat mengadakan soft opening yang ditandai dengan misa syukur, sabtu, 5/5. perayaan yang dipimpin oleh pastor yeremias ini menandai taman doa ini telah bisa digunakan sebagai area berdevosi.

waktu itu, ditetapkan jadwal aktivitas rohani yang dapat teratur diselenggarakan di area ini. tiap-tiap kamis pertama didalam bln. dapat diselenggarakan misa malam jumat pertama pada jam 19. 00 wib. sesudah misa, dilanjutkan adorasi penghormatan sakramen mahakudus sampai jam 00. 00 wib.

puncak perayaan syukur umat yaitu grand opening taman doa goa maria pereng, minggu, 30/9. upacara ini adalah pemberkatan serta peresmian didalam ekaristi yang dipimpin uskup agung semarang mgr johannes maria trilaksyanta pujasumarta. sekarang ini, taman doa goa maria pereng getasan telah dapat jadi tujuan ziarah untuk umat katolik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here