Renungan Harian 27 April

0
649

Renungan Harian 27 April

Support system

Dalam hal inilah Bapa-KU dipermuliakan,yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-KU. – Yoh 15:8

Saya menanam sebuah pohon jeruk di depan rumah.  Pada musim hujan,pohon itu tumbuh dengan lebat dan berbuah banyak tanpa perlu saya sirami. Mungkin karena udara yang cukup lembab dan curah hujan yang cukup sudah mampu membuatnya bertahan hidup dan menghasilkan buah yang berlimpah. Namun pada musim kemarau panjang, pohon itu menjadi kering,daun-daunnya rontok,dan buahnya habis.

Sungguh menyedihkan. Pohon yang sama dalam cuaca yang berbeda memberikan hasil yang berbeda. Dari kejadian ini,saya membuat kesimpulan,bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan sebuah pohon bukanlah pada pohon itu sendiri. Melainkan lingkungan sekitarnya,dari mana pohon itu menyerap air dan nutrisi untuk dapat menghasilkan buah yang berlimpah.

Sama halnya dengan kita. Yang dapat membuat kita bertumbuh dan berbuah,bukanlah diri kita sendiri. Kita bisa berusaha sekuat tenaga kita, namun seperti pohon jeruk saya,ketika musim kemarau panjang tiba,kita mungkin tidak akan sanggup bertahan melawan panas terik yang menyerang. Karena itulah kita butuh sebuah support system.Sesuatu yang hanya bisa kita dapatkan dari Tuhan dan dari lingkungan komunitas kita.  Dari situlah air dan nutrisi untuk pertumbuhan kita berasal,dan dari situlah kita memiliki kekuatan untuk menghasilkan buah yang berlimpah dalam hidup kita.

Apakah saya bertumbuh dalam lingkungan yang sehat ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here